PELAYANAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DAPAT MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK SECARA MAKSIMAL
Keberhasilan pembangunan pendidikan nasional ditentukan oleh kualitas
gurunya serta perangkat sekolah yang bertindak sebagai sumber daya
manusia, sebagai roda penggerak tingkat keberhasilan pembangunan,
sekolah dalam hal ini termsuk perangkat sistemdi dalamnya adalah
merupakan pengambil keputusan, penentu kebijakan, perancang, pemikir,
perencana juga pelaksana terdepan sebagai pelaku control segaligus
pengamat serta pengawas pembangunan dalam bidang pendidikan. Mengingat
keberadaan sumber daya manusia merupakan syarat utama bagi keberhasilan
pembangunan pendidikan dewasa ini, sehingga kualitas pendidikan harus
mendapat perhatian khusus dari pemerintah secara terus-menerus dan
berkesinambungan sehingga dapat mengimbangi kemajuan dunia ilmu
pengetahuan dan teknologi yang sejalan dengan perkembangan pembangunan
nasional yang tengah di rintis pada saat ini, dimana pendidikan itu akan
berarti apabila pendidikan yang bersangkutan memiliki system yang
berkualitas serta relevan dengan pembangunan dewasa ini, mengingat hal
tersebut maka dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia
secara menyeluruh dan berlangsung secara terus menerus, yang tentu saja
tidak lepas dari arah kebijakan pemerintah dengan strategi pengembangan
yang sudah sedemikian rupa di rancang sehingga peningkatan kualitas
pendidikan merupakan kebijakan dan program yang harus dilaksanakan
secara optimal.
Pada dasarnya peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dengan
peningkatan mutu pendidikan pada sekolah dasar, mengingat pendidikan
sekilah dasar merupakan pondasi untuk pengembangan ke jenjang pendidikan
menengah pertama juga pada jenjang pendidikan selanjutnya, akan lebih
sempurnalagi apabila orang tuaberinisiatif menyekolahkan anak-anaknya
yang dimulai dari pendidikan taman kanak-kanak, maka akan lebih
efektiflagi dalam pengembangannya ketika peserta didik berada pada
pendidikan dasar. Jenjang pendidikan dasar pada sekolah dasar merupakan
bentuksatuan pendidikan yang sangat urgen keberadaannya, dalam hal ini
seorang anak tanpa menempuh sekolah pendidikan dasar maka yang
bersangkutan tidak akan bias melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah
pertama apalagi pada jenjang pendidikan setingkat diatasnya.
Keberhasilan peserta didik dalam menempuh pendidikan pada jenjang
pendidikan selanjutnya sangatlah ditentukan oleh standar kompetensi pada
jenjang pendidikan dasar, dengan demikian jelas, pemerintah dalam hal
ini harus benar-benar jeli dan tanggap, agar senantiasa melakukan
terobosan-terobosan untuk mengembangkan kompetensi yang harus dikuasai
oleh guru sekolah dasar, hal ini dimaksudkan agar cita-cita yang ingin
di capai untuk peningkatan mutu pendidikan dapat terwujud sesuai yang
tertuang di dalam tujuan pendidikan nasional.
Berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan pada jenjang pendidikan
sekolah dasar yang merupakan standar priritas untuk tingkat
keberhasilan peserta didik pada jenjang pendidikan menengah pertama juga
menengah atas, ada dua hal yang harus dilaksanakan yang merupakan
langkah yang harus dilaksanakan yaitu, sebagai langkah pertama adalah
subtansi peningkatan mutu pendidikan dan langkah berikutnya adalah
strategi peningkatan mutu pendidikan, yang lebih dipokuskan kepada pol
dan strategi pengembangan sekolah dasar secara menyeluruh, selanjutnya
dalam peningkatan mutu pendidikan harus dipusatkan kepada pembinaan
kegiatan belajar mengajar dalam berbagai komponen pendukungnya yaitu
profesionalisme guru, sarana dan prasarana belajar, manajemen
pendidikan, penampilan dan fisik sekolah, serta partisipasi masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar